Senin, Januari 25, 2010

Guru

Menurut saya orang yg pantas dianggap sama seperti keluarga adalah Guru dan Sahabat. Mereka sama halnya seperti satu darah, daging, serta jiwa bagi saya. Kali ini saya ingin bercerita tentang seorang guru yg sampai saat ini masih menjadi pelita dihati saya.

Beliau bukanlah seorang ahli komputer, fisikawan, atau ahli matematika, bukan juga ahli geografi dan tata negara. Beliau adalah seorang guru mengaji, boleh dibilang ahli dalam bidang Al Quran. Beliau adalah guru mengaji waktu saya SD dulu. Sebenarnya apa sih istimewanya beliau sampai hati ini tak sanggup melupakan jasa yang telah diberi? Kalau diingat-ingat beliau sama saja dengan guru mengaji lainnya, mengajar dengan sepenuh hati, bercerita, dan tak pernah marah.

Jadwal mengaji dikampung kami dimulai disore hari selepas sekolah. Sekolah mengaji kamipun sederhana, berdiri tidak jauh dari mesjid, hanya terdiri dari 2 ruang kelas yg digunakan bergantian antara kelas 1 sampai 4 dengan 2 shif yaitu jam 2 dan jam 4. Kelas 5 mengaji dimesjid. Kami kadang memiliki 3 atau 4 orang guru mengaji yang mengajar tajwid, akhlak, khat imla', AlQuran dan Hadist, dan fiqih.

Saya lupa seberapa besar biaya mengaji waktu itu, saya rasa sudah sangat murah. Tapi karna kami tinggal di desa yang boleh dibilang tidak selalu berkecukupan, kami selalu menunggak membayar uang mengaji.

Guru mengaji yg saya ceritakan ini adalah Kepala Sekolah di MDA (sebutan untuk sekolah mengaji kami) tersebut. Tidak seperti kepala-kepala sekolah disekolah lainnya, kepala sekolah ngaji juga merangkap sebagai guru. Apalagi jika guru ngaji yang tersisa hanya 3 orang, beliau memegang 2 atau 3 mata pelajaran sekaligus.

Mungkin waktu itu kami terlalu kecil untuk meraba apa yang beliau rasakan. Yang kami tahu beliau adalah guru idaman yang kami harapkan disetiap mata pelajaran. Bagaimana tidak, semua tertawa lebar mendengarkan apabila beliau telah bercerita tentang si Fulan dengan suara dan intonasi yg khas. Semua berteriak kegirangan apabila beliau telah berkata "Pada suatu hari..." untuk memulai setiap ceritanya. Atau saat si Fulan terjatuh dan mengeluarkan kecap (maksudnya darah) dari hidungnya. Kami dengan serentak menyorakkan "ceees...plung....ceees..plung". Dan apabila belajar AlQuran beliau membaca ayat cepat-cepat kemudian berhenti disuatu bacaan kemudian berjalan ke meja kami memperhatikan apakah kami menunjuk bacaannya dengan benar atau tidak. Bagi yang kurang menyimak akan mendapatkan sedikit bedak kapur tulis dipipinya. Karna itu kami sampai tertawa terbahak-bahak.

Selain sebagai guru ngaji yang gajinya pas-pasan beliau juga bertugas menjadi muadzim mesjid (pengurus mesjid) karna itu beliau diberi izin tinggal disebuah rumah kecil (orang di kampung menyebutnya 'surau ketek') disamping mesjid bersama istri dan 3 orang anaknya. Beliau juga bekerja sampingan sebagai petani dipagi harinya sebelum mengajar ngaji. Tapi sekarang beliau sudah pindah ke rumah miliknya sendiri yg tidak jauh dari mesjid.

Satu hal lagi yg paling kami suka adalah saat beliau adzan dan menjadi imam. Suara khas yang indah dan jelas. Pada bulan Ramadhan beliau adalah imam favorit kami. Saat shalat tarawiah sudah didirikan, jika kami mendengar suara beliau takbir dari belakang, kami akan berbaris dengan shaf rapi siap untuk ikut shalat. Jika imamnya bukan beliau kami akan ambil langkah seribu keluar mesjid untuk main.

Dihari libur sekolah pernah saya main ke mesjid memperhatikan apa kegiatan beliau di mesjid. Beliau dengan sabar dan telaten membersihkan tiap jengkal sisi mesjid. Mulai dari menyapu karpet, mencucinya, mengepel lantai, merapihkan Al Quran, memeriksa mic, membuka dan menutup jendela mesjid (sebelum subuh dan setelah isya), sampai ke urusan penerangan. Bahkan jika malam saat shalat mati lampu, beliau dengan sigap mencari lampu petromak untuk penerangan shalat. Kalau diperhatikan cape juga membersihkan mesjid yg lumayan luas itu, tapi beliau tidak pernah mengeluh. Ulama besar mana yang mau membantu membersihkan mesjid, boleh dibilang langka. Saya rasa seorang pengurus mesjid lebih tinggi derajatnya dari pada seorang ulama. Beliau selalu tersenyum untuk kami, bahkan tidak jarang beliau becanda dengan kami walau sebenarnya guratan kesusahan terpancar dari mimik mukanya. Sayangnya waktu itu kami masih kecil, tidak paham apa yang beliau rasakan.

Saya katakan guratan kesusahan bukan tanpa alasan. Berapalah gaji seorang muadzim atau petani bahkan guru ngaji. Hampir setiap anak pernah menunggak uang SPP mengaji, bahkan berbulan-bulan. Beliau TIDAK PERNAH mengeluh dan mengancam akan mengeluarkan kami dari sekolah tersebut. Padahal kami tahu dari sanalah gajinya berasal. Belum lagi gaji itu dibagi dengan guru-guru yg lain. Ditambah lagi memikirkan betapa bandel-bandelnya kami waktu itu dan bagimana kami bisa khatam Al Quran dengan fasih dan lancar, dll. Pernah suatu ketika beliau diminta untuk pensiun dari mengajar mengaji dan digantikan oleh guru lain. Saya rasa beliau ingin sekali untuk pensiun, tapi demi tanggungjawab agama beliau bertahan. Hingga suatu ketika permintaan berhenti mengajar beliau penuhi. Tapi yg terjadi malah orang tua murid protes supaya beliau kembali. Tak ada guru semulia beliau, yg dielu-elukan murid dan para orang tua murid. Yang mendidik dengan hati, bukan dengan kekerasan dan uang. Beliau mengajar lagi dengan tetap senyum, dengan baju rapih yg biasa dikenakannya, peci hitam dan rambut yg klimis dengan minyak rambut yg baunya khas dari dulu.

Kalaulah benar kalimat 'Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa', saya rasa beliaulah yg pantas menyandangnya. Kalaulah ada pendaftaran para pewaris syurga saya harap saya bisa mendaftarkan beliau diurutan pertama.

Satu kata-kata beliau yang tak pernah saya lupa, beliau mengatakannya waktu saya SMP, "Kalau ingin matanya selalu terang, rajin-rajinlah membaca Al Quran". Mulialah Engkau di dunia dan akhirat wahai guruku.


by: mutia chimut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar